IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN BIOLOGI TERINTEGRASI KEISLAMAN DI MADRASAH ALIYAH (MA): MODEL EVALUASI CIPPO

Main Authors: Mulyono, Yatin, Sardimi, Sardimi, Ayatusa'adah, Ayatusa'adah, Lestariningsih, Nanik
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: POSTGRADUATE OF PALANGKA RAYA STATE ISLAMIC INSTITUTION , 2018
Subjects:
Online Access: http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/TF/article/view/714
http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/TF/article/view/714/797
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Kurikulum 2013 di MA. Penelitian ini bersifat evaluatif dengan menerapkan model CIPPO. Pengumpulan data dengan observasi, kuesioner dan wawancara. Pengambilan sampel menggunakan metode cluster sampling di wilayah Kalimantan Tengah. Hasil evaluasi implementasi Kurikulum 2013 mata pelajaran Biologi dengan analisis CIIPO menunjukkan bahwa (1) tingkat dukungan lembaga 87.25%, (2) relevansi tujuan kurikulum 76.50% (3), kesiapan tenaga pendidik 38.18%, (4) kesiapan sarana 53.34% (5) kesiapan materi 64.34%, (6) penilaian pembelajaran 90.91%, dan (7) pencapaian tujuan kurikulum 64.34%. implementasi Kurikulum 2013 belum terlaksana dengan baik khususnya mata pelajaran Biologi MA. Hal ini dikarenakan belum terpenuhinya kompetensi guru yang mampu mengintegrasikan ilmu kebiologian dengan keislaman, serta belum tersedianya sarana penunjang untuk pengintegrasian tersebutImplementasi Kurikulum 2013 mata pelajaran Biologi MA di Kalimantan Tengah. Hal ini menyebabkan capaian tujuan kurikulum kurang maksimal.