Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Kelas V-3 SDN 018 Tarakan
Main Author: | Rahmawati |
---|---|
Format: | Bachelors Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Borneo Tarakan
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.borneo.ac.id//index.php?p=show_detail&id=1446 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada materi penjajahan bangsa Eropa di Indonesia dan perlawanan di berbagai daerah pada subjek PTK siswa kelas V-3 SDN 018 Tarakan. Penelitian Tidakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non-tes. Instrumen pengumpulan data yang diguakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi afektif, lembar observasi psikomotorik, lembar pengamatan aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran.Persentase ketuntasan secara klasikal pada siklus I sebesar 70% menjadi 94% pada siklus II, ranah afektif dari 85% pada siklus I menjadi 94% di siklus II, ranah psikomotorik dari 76% pada siklus I menjadi 91% pada siklus II, observasi aktivitas guru pada siklus I dengan rata-rata 75 menjadi 95 pada siklus II dan observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan rata-rata 67 menjadi 79 pada siklus II. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada pembelajaran IPS pada siswa kelas V-3 SDN 018 Tarakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Kata kunci: hasil belajar, IPS, model kooperatif, tipe Make A MatchThis study aims to improve the learning outcomes of IPS learning on European colonization material in Indonesia and resistance in various regions in the subject of PTK students of class V-3 SDN 018 Tarakan. The Classroom Action Research (PTK) is implemented in 2 cycles, each consisting of 4 stages of planning, implementation, acting, observation, and reflection. Data collection techniques used are tests and non-tests. Data collection instruments used were learning outcome tests, affective observation sheets, psychomotor observation sheets, observation sheets of teacher activities and student activities in the learning process.Classical completeness percentage in cycle I is 70% to 94% in cycle II, affective domain from 85% in cycle I to 94% in cycle II, psychomotor domain from 76% in cycle I to 91% in cycle II, observation of teacher activity on cycle I with an average of 75 to 95 in cycle II and observation of student activity in cycle I with an average of 67 to 79 in cycle II. The implementation of cooperative learning model type Make A Match in social studies learning for students of class V-3 SDN 018 Tarakan can improve student learning outcomes.Keywords: learning outcomes, IPS, Cooperative model, type Make A Match
- xvi, 247 hal.; 30 cm