ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN AGROWISATA KEBUN BUAH CEPOKO DI KECAMATAN GUNUNG PATI KOTA SEMARANG

Main Authors: Sembiring, Yanti Yosepha Rufina Br, Sunarso, Sunarso, Roessali, Wiludjeng
Format: Article info Survey/Interview application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Animal and Agricultural Science Faculty, Diponegoro University , 2020
Subjects:
CSI
Online Access: https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/agrisocionomics/article/view/5378
https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/agrisocionomics/article/view/5378/3969
Daftar Isi:
  • Agrowisata memiliki tujuan yaitu untuk memberikan ilmu pengetahuan, edukasi, pengalaman rekreasi dan mengenal hubungan usaha dibidang pertanian. Kebun Buah Cepoko merupakan salah satu Kebun Satuan Kerja milik UPTD. Kebun Dinas Pertanian yang sangat potensial untuk dijadikan Agrowisata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pengunjung terhadap perkembangan Agrowisata Kebun Buah Cepoko, menganalisis Faktor Internal dan Eksternal yang mempengaruhi pengembangan Agrowisata Kebun Buah Cepoko dan menetapkan strategi dalam pengembangan Agrowisata Kebun Buah Cepoko. Penelitian ini dilaksanakan di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kebun Dinas, Kebun Buah Cepoko,Kecamatan Gunung Pati. Analisis data yang digunakan untuk menjawab tujuan yaitu Analisis CSI, Analisis Matriks Evaluasi Faktor Internal dan Eksternal danAnalisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan indeks kepuasan pengunjung Agrowisata Kebun Buah Cepoko, diketahui nilai CSI adalah 77,81 persen sehingga dapat dikatakan bahwa secara keseluruhan pengunjung Agrowisata Kebun Buah Cepoko puas terhadap atribut Kebun Buah Cepoko.Posisi Agrowisata Kebun Buah Cepoko berdasarkan kondisi internal dan eksternal berada pada kuadran I yang menunjukkan bahwa Agrowisata Kebun Buah Cepoko berada pada situasi yang sangat menguntungkan karena memiliki kekuatan dan peluang yang dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan cara menerapkan strategi pertumbuhan agresif.