Pengembangan instrumen penelitian pendidikan

Main Authors: Sudaryono, Wardani Rahayu, Gaguk Margono
Format: Book
Terbitan: Graha Ilmu , 2013
Subjects:
370
Online Access: http://digilib.ubl.ac.id:80/index.php?p=show_detail&id=16897
http://digilib.ubl.ac.id:80/images/docs/download_%2822%29.jpg.jpg
Daftar Isi:
  • Pengembangan instrumen penelitian terutama dalam bidang pendidikan merupakan salah satu langkah strategis yang sangat menentukan kualitas hasil penelitian, karena validitas atau kesahihan data yang diperoleh akan sangat ditentukan oleh kualitas atau validitas instrumen yang digunakan, di samping prosedur pengumpulan data yang diperoleh. Data yang terkumpul dengan menggunakan instrumen tertentu akan dideskripsikan dan digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam suatu penelitian. Tidak sedikit peneliti maupun mahasiswa yang melakukan penelitian mengalami kesulitan dalam mengembangkan instrumen penelitian yang benar. Pokok bahasan buku ini: Konsep dan jenis-jenis penelitian, teori dan variabel penelitian, pengumpulan data penelitian, skala pengukuran, pengembangan instrumen tes, pengembangan instrumen nontes, validitas instrumen tes hasil belajar, reliabilitas instrumen tes hasil belajar, dan analisis jalur berdasarkan urutan penempatan variabel.