Analisis Structure Conduct Performance Pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk

Main Authors: Azizah, Ayu, Adawia, Popon Rabia
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: www.bsi.ac.id , 2017
Online Access: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/perspektif/article/view/1577
http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/perspektif/article/view/1577/1480
Daftar Isi:
  • Indonesia merupakan negara dengan jumlah pertumbuhan penduduk yang tinggi sehingga hal ini dapat menjadi peluang besar bagi perusahaan di bidang telekomunikasi untuk meraih banyak pelanggan baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur pasar pada industri telekomunikasi di Indonesia, mengetahui perilaku dan kinerja dari PT Telkomunikasi Indonesia Tbk serta untuk mengetahui pengaruh dari struktur pasar terhadap kinerja perusahaan. Untuk mengetahui struktur pasar dalam industri ini digunakan konsentrasi rasio empat perusahaan terbesar (CR4), dan minimum eficiency scale (MES). Perilaku dijelaskan secara deskriptif pada strategi harga, strategi produk, dan strategi promosi. Terakhir, kinerja dilihat pada tingkat kemampuan perusahaan menghasilkan laba dari aktiva yang dipergunakan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa industri telekomunikasi di Indonesia memiliki struktur oligopoli ketat sebesar 95,88%. Dari hasil perhitunan regresi diperoleh hasil bahwa variabel struktur pasar (CR4 ) dan tingkat pertumbuhan (growth) baik secara simultan maupun parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja perusaan (ROA).