PENGARUH PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP FUNGSI AUDIT INTERNAL (Survey pada Perusahaan Bersertifikasi ISO 9000 di Propinsi Sumatera Utara)

Main Authors: Zainal, Andri, Muda, Iskandar
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Badan Standardisasi Nasional , 2013
Subjects:
Online Access: http://js.bsn.go.id/index.php/standardisasi/article/view/670
http://js.bsn.go.id/index.php/standardisasi/article/view/670/409
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan TQM yang berpengaruh signifikan secara simultan dan parsial terhadap fungsi audit internal pada perusahaan bersertifikasi ISO 9000 di Propinsi Sumatera Utara. Penerapan TQM mencakup fokus pada pelanggan (customer focused)/(X1), perbaikan berkelanjutan (continuous improvement)/(X2), dan pemberdayaan karyawan (employee empowerment)/(X3). Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner yang didukung dengan wawancara dan teknik dokumentasi. Penelitian dilakukan berdasarkan metode explanatory survey dengan teknik sensus kepada keseluruhan perusahaan bersertifikasi ISO 9000 di Propinsi Sumatera Utara. Data penelitian juga diuji validitasnya dengan Rank Spearman dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Croncbach. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan bahwa pengaruh langsung variabel fokus pada pelanggan terhadap penerapan fungsi audit internal sebesar 10,57% dan pengaruh tidak langsung sebesar 12,61%. Pengaruh langsung variabel perbaikan berkelanjutan terhadap penerapan fungsi audit internal sebesar 10,47% dan pengaruh tidak langsung sebesar 11,72%. Pengaruh langsung variabel pemberdayaan karyawan terhadap fungsi audit internal sebesar 11,59% dan secara tidak langsung 12,82%. Secara umum, penerapan TQM berdasarkan fokus pada pelanggan; perbaikan berkelanjutan; dan pemberdayaan karyawan, baik secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap fungsi audit internal.