ANALISIS SIMBOL WACANA IKLAN DETERGEN PADA SIARAN TELEVISI RCTI: KAJIAN SEMIOTIKA
Main Author: | Hetilaniar, Hetilaniar |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Muria Kudus
, 2019
|
Online Access: |
https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/article/view/2512 https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/article/view/2512/1608 |
ctrlnum |
article-2512 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="id-ID">ANALISIS SIMBOL WACANA IKLAN DETERGEN PADA SIARAN TELEVISI RCTI: KAJIAN SEMIOTIKA</title><creator>Hetilaniar, Hetilaniar</creator><description lang="id-ID">Wacana adalah sarana komunikasi yang baik dalam masyarakat. Iklan merupakan salah satu bentuk wacana yang paling mudah untuk mempengaruhi penonton.  Di samping itu, iklan televisi merupakan salah satu sarana komunikasi budaya yang paling dekat dengan manusia sehingga dengan media televisi tersebut, penonton dengan mudah terpengaruh untuk melakukan budaya konsumtif. Masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah makna simbol wacana iklan detergen pada siaran televisi RCTI. Diharapkan dengan adanya penelitian ini penonton lebih selektif dalam menyikapi sesuatu yang ditawarkan pada iklan televisi.   Penelitian ini menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah iklan detergen yang disiarkan pada stasiun televisi RCTI. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik rekam. Analisis data diawali dengan memotong iklan per shot, lalu memaknainya dengan menggunakan teori Roland Barthes, yaitu memaknai simbol-simbol pada iklan detergen tersebut yang dihubungkan dengan mitos.            Setelah dilakukan analisis, didapat bahwa semua simbol pada iklan detergen menyiratkan kemudahan dalam melakukan kegiatan mencuci, hasil cucian akan lebih cepat bersih, detergen yang ramah lingkungan, kemandirian, baju putih tidak masalah terhadap noda membandel, dan pentingnya kedekatan ibu dan anak.</description><publisher lang="en-US">Universitas Muria Kudus</publisher><contributor lang="id-ID"/><date>2019-04-20</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/article/view/2512</identifier><identifier>10.24176/kredo.v2i2.2512</identifier><source lang="en-US">KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra; Vol 2, No 2 (2019): JURNAL KREDO VOLUME 2 NO 2 TAHUN 2019; 313-324</source><source lang="id-ID">KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra; Vol 2, No 2 (2019): JURNAL KREDO VOLUME 2 NO 2 TAHUN 2019; 313-324</source><source>2599-316X</source><source>2598-3202</source><language>ind</language><relation>https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/article/view/2512/1608</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2019 KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0</rights><recordID>article-2512</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other File:application/pdf File Journal:Journal |
author |
Hetilaniar, Hetilaniar |
title |
ANALISIS SIMBOL WACANA IKLAN DETERGEN PADA SIARAN TELEVISI RCTI: KAJIAN SEMIOTIKA |
publisher |
Universitas Muria Kudus |
publishDate |
2019 |
url |
https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/article/view/2512 https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/article/view/2512/1608 |
contents |
Wacana adalah sarana komunikasi yang baik dalam masyarakat. Iklan merupakan salah satu bentuk wacana yang paling mudah untuk mempengaruhi penonton. Di samping itu, iklan televisi merupakan salah satu sarana komunikasi budaya yang paling dekat dengan manusia sehingga dengan media televisi tersebut, penonton dengan mudah terpengaruh untuk melakukan budaya konsumtif. Masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah makna simbol wacana iklan detergen pada siaran televisi RCTI. Diharapkan dengan adanya penelitian ini penonton lebih selektif dalam menyikapi sesuatu yang ditawarkan pada iklan televisi. Penelitian ini menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah iklan detergen yang disiarkan pada stasiun televisi RCTI. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik rekam. Analisis data diawali dengan memotong iklan per shot, lalu memaknainya dengan menggunakan teori Roland Barthes, yaitu memaknai simbol-simbol pada iklan detergen tersebut yang dihubungkan dengan mitos. Setelah dilakukan analisis, didapat bahwa semua simbol pada iklan detergen menyiratkan kemudahan dalam melakukan kegiatan mencuci, hasil cucian akan lebih cepat bersih, detergen yang ramah lingkungan, kemandirian, baju putih tidak masalah terhadap noda membandel, dan pentingnya kedekatan ibu dan anak. |
id |
IOS7603.article-2512 |
institution |
UNIVERSTAS TUJUH BELAS AGUSTUS SAMARINDA |
institution_id |
3404 |
institution_type |
library:university library |
library |
PRIDEKSI |
library_id |
2660 |
collection |
KOHESI DAN KOHERENSI PARAGRAF DALAM KARANGAN NARASI |
repository_id |
7603 |
subject_area |
jurnal bahasa indonesia paragraf |
city |
KOTA SAMARINDA |
province |
KALIMANTAN TIMUR |
repoId |
IOS7603 |
first_indexed |
2020-03-30T02:54:51Z |
last_indexed |
2020-03-30T02:54:51Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686551950911340544 |
score |
17.538404 |