ANALISIS SIMBOL WACANA IKLAN DETERGEN PADA SIARAN TELEVISI RCTI: KAJIAN SEMIOTIKA

Main Author: Hetilaniar, Hetilaniar
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Muria Kudus , 2019
Online Access: https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/article/view/2512
https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/article/view/2512/1608
ctrlnum article-2512
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="id-ID">ANALISIS SIMBOL WACANA IKLAN DETERGEN PADA SIARAN TELEVISI RCTI: KAJIAN SEMIOTIKA</title><creator>Hetilaniar, Hetilaniar</creator><description lang="id-ID">Wacana adalah sarana komunikasi yang baik dalam masyarakat. Iklan merupakan salah satu bentuk wacana yang paling mudah untuk mempengaruhi penonton. &#xA0;Di samping itu, iklan televisi merupakan salah satu sarana komunikasi budaya yang paling dekat dengan manusia sehingga dengan media televisi tersebut, penonton dengan mudah terpengaruh untuk melakukan budaya konsumtif. Masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah makna simbol wacana iklan detergen pada siaran televisi RCTI. Diharapkan dengan adanya penelitian ini penonton lebih selektif dalam menyikapi sesuatu yang ditawarkan pada iklan televisi.&#xA0;&#xA0; Penelitian ini menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah iklan detergen yang disiarkan pada stasiun televisi RCTI. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik rekam. Analisis data diawali dengan memotong iklan per shot, lalu memaknainya dengan menggunakan teori Roland Barthes, yaitu memaknai simbol-simbol pada iklan detergen tersebut yang dihubungkan dengan mitos.&#xA0;&#xA0;&#xA0;&#xA0;&#xA0;&#xA0;&#xA0;&#xA0;&#xA0;&#xA0;&#xA0; Setelah dilakukan analisis, didapat bahwa semua simbol pada iklan detergen menyiratkan kemudahan dalam melakukan kegiatan mencuci, hasil cucian akan lebih cepat bersih, detergen yang ramah lingkungan, kemandirian, baju putih tidak masalah terhadap noda membandel, dan pentingnya kedekatan ibu dan anak.</description><publisher lang="en-US">Universitas Muria Kudus</publisher><contributor lang="id-ID"/><date>2019-04-20</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/article/view/2512</identifier><identifier>10.24176/kredo.v2i2.2512</identifier><source lang="en-US">KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra; Vol 2, No 2 (2019): JURNAL KREDO VOLUME 2 NO 2 TAHUN 2019; 313-324</source><source lang="id-ID">KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra; Vol 2, No 2 (2019): JURNAL KREDO VOLUME 2 NO 2 TAHUN 2019; 313-324</source><source>2599-316X</source><source>2598-3202</source><language>ind</language><relation>https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/article/view/2512/1608</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2019 KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0</rights><recordID>article-2512</recordID></dc>
language ind
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:Journal
author Hetilaniar, Hetilaniar
title ANALISIS SIMBOL WACANA IKLAN DETERGEN PADA SIARAN TELEVISI RCTI: KAJIAN SEMIOTIKA
publisher Universitas Muria Kudus
publishDate 2019
url https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/article/view/2512
https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/article/view/2512/1608
contents Wacana adalah sarana komunikasi yang baik dalam masyarakat. Iklan merupakan salah satu bentuk wacana yang paling mudah untuk mempengaruhi penonton. Di samping itu, iklan televisi merupakan salah satu sarana komunikasi budaya yang paling dekat dengan manusia sehingga dengan media televisi tersebut, penonton dengan mudah terpengaruh untuk melakukan budaya konsumtif. Masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah makna simbol wacana iklan detergen pada siaran televisi RCTI. Diharapkan dengan adanya penelitian ini penonton lebih selektif dalam menyikapi sesuatu yang ditawarkan pada iklan televisi. Penelitian ini menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah iklan detergen yang disiarkan pada stasiun televisi RCTI. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik rekam. Analisis data diawali dengan memotong iklan per shot, lalu memaknainya dengan menggunakan teori Roland Barthes, yaitu memaknai simbol-simbol pada iklan detergen tersebut yang dihubungkan dengan mitos. Setelah dilakukan analisis, didapat bahwa semua simbol pada iklan detergen menyiratkan kemudahan dalam melakukan kegiatan mencuci, hasil cucian akan lebih cepat bersih, detergen yang ramah lingkungan, kemandirian, baju putih tidak masalah terhadap noda membandel, dan pentingnya kedekatan ibu dan anak.
id IOS7603.article-2512
institution UNIVERSTAS TUJUH BELAS AGUSTUS SAMARINDA
institution_id 3404
institution_type library:university
library
library PRIDEKSI
library_id 2660
collection KOHESI DAN KOHERENSI PARAGRAF DALAM KARANGAN NARASI
repository_id 7603
subject_area jurnal bahasa indonesia
paragraf
city KOTA SAMARINDA
province KALIMANTAN TIMUR
repoId IOS7603
first_indexed 2020-03-30T02:54:51Z
last_indexed 2020-03-30T02:54:51Z
recordtype dc
_version_ 1686551950911340544
score 17.538404