Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Aritmatika Sosial Kelas VII
Main Authors: | Sari, Ayu Mayang, Susanti, Novi, Rahayu, Chika |
---|---|
Other Authors: | STKIP Muhammadiyah Pagaralam |
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya
, 2018
|
Online Access: |
http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/AYU http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/AYU/349 http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/downloadSuppFile/AYU/42 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi aritmatika sosial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, sehingga data hasil analisisnya berbentuk kata-kata. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi, tes dan analisis wawancara. Observasi dilakukan terhadap siswa pada saat proses belajar mengajar belangsung dengan materi aritmatika sosial. Instrumen penelitian menggunakan soal tes. Analisis yang digunakan adalah lembar hasil tes siswa. Tes dilaksanakan di MTs Guppi Pagaralam tahun pelajaran 2017/2018, dengan jumlah siswa yang mngikuti tes 31 orang. Sedangkan wawancara dilakukan terhadap siswa yang dipilih berdasarkan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi aritmatika sosial. Hasil penelitian menunjukkan ada 3 tipe kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi aritmatika sosial tipe kesalahan 1 yaitu a. Siswa salah dalam menentukan apa yang diketahui, b. Siswa salah dalam menentukan apa yang ditanyakan, tipe kesalahan 2 yaitu siswa salah dalam membuat model matematika tipe kesalahan 3 yaitu a. Siswa salah dalam melakukan operasi pengurangan, b. Siswa salah menghitung nilai % (persen) ke dalam bentuk desimal, c. Siswa salah dalam melakukan operasi pembagian. Dari kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa tersebut dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi guru dalam merencanakan kegiatan belajar mengajar. Letak kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi arimatika sosial telah diketahui sehingga guru dapat mengambil langkah antisipasi agar kesalahan serupa tidak terjadi lagi. Kata Kunci : Analisis; Kesalahan; Aritmatika Sosial