5M (MENGAMATI, MENANYA, MENCOBA, MENALAR DAN MENGKOMUNIKASIKAN) TEMA CITA-CITAKU KELAS IV SD NEGERI 157 PALEMBANG

Main Authors: Maulina, Putri Hendria, Puspita, Linda, Usman, Nuraini
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Sriwijaya , 2019
Online Access: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jisd/article/view/8268
https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jisd/article/view/8268/4303
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanPenerapan 5M (Mengamati, Menanya, Mencoba, Menalar dan Mengkomunikasikan) Tema Cita-citaku kelas IV SD Negeri 157 Palembang. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian berjumlah 3 orang guru kelas IV yaitu guru kelas IVA, IVB dan IVC, yang berada di SD Negeri 157 Palembang pada tahun ajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi,wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru kelas IVA, IVB dan IVC di SD Negeri 157 Palembangdalamkegiatan inti pembelajarantelah melaksanakan kegiatan 5M, akan tetapimasih ada langkah-langkah yang belumterlihat,seperti menanya dan menalarMaka dapatdisimpulkanbahwapenerapan5M (Mengamati, Menanya, Mencoba, Menalar dan Mengkomunikasikan) di SD Negeri 157 Palembangbelumsepenuhnyadilaksanakandalam proses belajarmengajar. Kata-kata kunci: Penerapan 5M, mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan.