Dampak penerapan metode participatory rural apraisal (PRA) pada penyelenggaraan program pendidikan dan pengembangan anak usia dini (studi di Kecamatan Merbau Mataram Lampung Selatan)

Main Author: Hasanudin, Hasanudin
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: PP-Paud dan Dikmas Jawa Barat , 2011
Subjects:
Online Access: http://repositori.kemdikbud.go.id/8981/1/48-53.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/8981/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tentang dampak penerapan metode Participatory Rural Appraisal terhadap Partisipasi Masyarakat pada Program PPAUD di Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan. Permasalahan utama yang dikaji dalam penelitian ini adalah sejauh mana komponen Participatory Rural Appraisal berdampak pada Partisipasi Masyarakat di Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan. Teori Partisipan Jim Ife terdiri dari 6 indikator partisipasi masyarakat yaitu: Empati dalam bentuk tindakan, kewenangan peran dan fungsi, kesadaran tanggung jawab, ikatan emosional dalam mengorganisir, rasa memiliki dalam mengontrol, aspek mentalis. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Participatory Rural Appraisal memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi masyarakat dalam program PPAUD di Kecamatan Merbau Mataram, dengan demikian maka hipotesis yang penelitian ajukan dapat diterima.