Peningkatan hasil belajar biologi pokok materi sistem pernapasan pada manusia melalui strategi Reading Guide dan Role Playing pada siswa kelas VIII A SMP negeri 2 Bontang tahun ajaran 2010/2011

Main Author: Ruruk, Yohana
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah , 2016
Subjects:
Online Access: http://repositori.kemdikbud.go.id/15595/1/14%20Desember%202016.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/15595/
http://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Bontang, dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi siswa saat mengikuti Pembelajaran IPA Biologi khususnya untuk materi Sistem pernapasan pada manusia , Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Strategi Reading Guide dan Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa, juga bertujuan untuk mengetahui motivasi siswa dan kendala kendala yang dihadapi dalam pembelajaran dengan penerapan Strategi Reading Guide dan Role Playing Penelitian ini Merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (class room action research) dengan menggunakan 2 (dua ) siklus. Subjek Penelitia adalah kelas VIII A SMP Negeri 2 Bontang, dengan jumlah Siswa sebayak 34 Orang . Data diambil dengan tehnik observasi atau pantauan untuk penilaiaan/ evaluasi hasil belajar . Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis dekriftif dan analisis kuantitatif inferensial untuk mengetahui dinamika peningkatan dan perkembangan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Hasil belajr siswa pada siklus terakhir mencapai tingkat ketuntasan 91.20 %, atau 31 orang , sedangkan yang tidak tuntas adalah sebanyak 3 orang 8.8%. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 35.2% dari siklus 1 ke siklus 2 atau dari 56%; dan 91.20 %.