Peningkatan hasil belajar matematika melalui pembelajaran Kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) materi Bangun Ruang Kubus dan Balok di kelas V A SD negeri 002 Rantau Pulung
Main Author: | Maryoto, Maryoto |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
LPMP Kalimantan Timur
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.kemdikbud.go.id/15589/1/11%20Desember%202016.pdf http://repositori.kemdikbud.go.id/15589/ http://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments) pada pelajaran Matematika materi bangun ruang kubus dan balok tahun pembelajaran 2013/2014. Usaha yang dilakukan tersebut adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) yang merupakan salah satu bentuk penelitian tindakan kelas yang menuntut siswa untuk mampu mengembangkan potensi diri siswa terutama dalam bekerjasama dalam kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas V A SDN 002 Rantau Pulung yang berjumlah 20 siswa dengan materi yang diajarkan adalah Volume bangun ruang kubus dan balok. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Nilai hasil belajar diperoleh dengan menganalisis data berupa nilai tugas kelompok dan nilai tes hasil belajar tiap siklus. Dari siklus I sampai dengan siklus II mengalami kenaikan nilai ratarata kelas 32,92 %, dengan ketuntansan belajar 100 %. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament), hasil belajar siswa matematika materi bangun ruang kubus dan balok di kelas V A SD Negeri 002 Rantau Pulung mengalami peningkatan