Upaya peningkatan aktivitas dalam pembelajaran PKN menggunakan model pembelajaran Kooperatif Jigsaw pada siswa kelas VI SD negeri 016 Balikpapan Tengah

Main Author: Sukarti, Sukarti
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah , 2015
Subjects:
Online Access: http://repositori.kemdikbud.go.id/15588/1/16%20Desember%202015.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/15588/
http://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id
Daftar Isi:
  • Penelitian dilakukan melalui penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus dan tahapan dari setiap siklusnya adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Tolok ukur keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila hasil belajar peserta didik mampu mencapai nilai rata-rata 65 dan banyaknya peserta didik yang memperoleh nilai 65 minimal 70%. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: 1) Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran kooperatif metode jigsaw dengan menciptakan suasana pembelajaran aktif maka suasana kelas menjadi hidup, peserta didik menjadi aktif. 2) hasil belajar pada pra siklus mencapai rata-rata 63,6 meningkat menjadi 69,2 pada siklus I dan meningkat menjadi 75,4 pada siklus II. Pada pra siklus peserta didik yang tuntas belajar ada 14 peserta didik (48%) dan yang tidak tuntas belajar 15 peserta didik (52%), pada siklus I peserta didik yang tuntas belajar ada 20 peserta didik (69%) dan yang tidak tuntas belajar ada 9 peserta didik (31%), sedangkan pada siklus II peserta didik yang tuntas belajar ada 28 peserta didik (96%) dan yang tidak tuntas belajar ada 1 peserta didik (4%). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode kooperatif jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 016 Balikpapan Tengah pada mata pelajaran PKn.