Meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 023 Long Ikis pada pokok bahasan penjumlahan bilang bulat positif dan negartif melalui penggunaan media gambar garis bilangan

Main Author: Mae, Ireneus
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah , 2014
Subjects:
Online Access: http://repositori.kemdikbud.go.id/15571/1/15%20Juni%202014.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/15571/
http://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika di kelas IV pokok bahasan penjumlahan bilangan bulat positif dan negatif di Sekolah Dasar Negeri 023 Long Ikis. Metode penelitian ini adalah Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas). Tindakan yang dilakukan terdiri dari dua tindakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, Planning, Acting, Observing, dan Reflecting. Adapun kelas yang diteliti adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri023 Long Ikis dengan jumlah siswa 30 orang. Setelah dilaksanakan siklus pertama yaitu guru melaksanakan praktik pembelajaran langsung diperoleh hasil pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 61,85. Pada siklus II nilai rata-rata 70,56. Jadi kondisi awal ke kondisi akhir terdapat peningkatan hasil belajar dari rata-rata 53,33 menjadi 70,56. Berdasarkan penelitian tindakan yang dilaksanakan melalui dua siklus, diperoleh peningkatan yang sangat berarti, sehingga dapat disimpulkan bahwa media gambar garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika di kelas IV SDN 023 Long Ikis pada Pokok Bahasan penjumlahan bilangan bulat positif dan negatif