Penerapan Think-Talk-Write (TTW) untuk meningkatkan aktivitas belajar MATEMATIKA siswa kelas VII-3 di SMPN 1 Balikpapan
Main Author: | Mashudi, Mashudi |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.kemdikbud.go.id/15564/1/12%20Juni%202014.pdf http://repositori.kemdikbud.go.id/15564/ http://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data-data dan analisis meskipun studi reflektif, partisipatif, dan kolaboratif. Pengembangan program ini didasarkan pada data-data dan informasi dari siswa, teman dekat, dan pengaturan kelas sosial secara alami melalui tiga siclus tindakan penelitian. Menurut hasil pengamatan terhadap kegiatan siswa, meningkat dari 46% menjadi 75% pada siclus kedua, dan menjadi 88% pada siclus ketiga. Sedangkan berdasarkan pemeriksaan bagi siswa lebih baik, dari 50 menjadi 65 di siclus kedua, dan menjadi 72 pada siclus ketiga. Berdasarkan tindakan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode TTW koperasi dapat dikembangkan kegiatan dan hasil belajar siswa terutama pada kelas VII-1 SMPN 1 Balikpapan.