Meningkatkan prestasi belajar IPA materi wujud benda menggunakan metode pembelajaran penemuan (Discovery)
Main Author: | Suprianti, Lily |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.kemdikbud.go.id/15545/1/04%20Juni%202015.pdf http://repositori.kemdikbud.go.id/15545/ http://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V pada pada topik alat pernapasan pada manusia di Sekolah Dasar Negeri 023 Long Ikis. Metode penelitian ini adalah Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas). Tindakan yang dilakukan terdiri dari dua tindakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, Planning, Acting, Observing, dan Reflecting. Adapun kelas yang diteliti adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 023 Long Ikis dengan jumlah siswa 25 orang. Setelah dilaksanakan siklus pertama yaitu guru melaksanakan praktik pembelajaran langsung diperoleh hasil pada Siklus 1 nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 60,00. Pada Siklus 2 nilai ratarata 80,00. Jadi kondisi awal ke kondisi akhir terdapat peningkatan hasil belajar dari rata-rata 48,01 menjadi 80,00. Berdasarkan penelitian tindakan yang dilaksanakan melalui dua siklus, diperoleh peningkatan yang sangat berarti, sehingga dapat disimpulkan bahwa modelpembelajaran Quantum learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V SDN 023 Long Ikis pada topik alat pernapasan pada manusia.