Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan keterampilan mengolah stock, soup dan sauce pada siswa kelas X restoran 1 SMK Negeri 4 Balikpapan

Main Author: Harahap, Erliati
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah , 2014
Subjects:
Online Access: http://repositori.kemdikbud.go.id/15530/1/09%20Juni%202014.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/15530/
http://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk: (1) Mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan keterampilan mengolah stock, soup, dan sauce siswa kelas X Restoran 1 SMK Negeri 4 Balikpapan semester 1 tahun pelajaran 2011-2012; dan (2) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengolah stock, soup, dan sauce siswa kelas X Restoran 1 SMK Negeri 4 Balikpapan semester 1 tahun pelajaran 2011-2012 setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Subyek penelitian dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa Kelas X Restoran 1 SMK Negeri 4 Balikpapan semester 1 tahun pelajaran 2011-2012 yang berjumlah 19 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dirancang sesuai model Kemmis dan Taggart selama 2 (dua) siklus. Data dalam penelitian ini diolah secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam penelitian ini mampu meningkatkan keterampilan mengolah stock, soup, dan sauce siswa kelas X Restoran 1 SMK Negeri 4 Balikpapan. Hasil penelitian ini dapat terapkan oleh para guru sebagai salah satu metode pengajaran yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa, yaitu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.