Upaya meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep hidup rukun dalam perbedaan dengan model Pembelajaran Picture and Picture dengan media gambar

Main Author: Fatimah, Siti
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah , 2016
Subjects:
Online Access: http://repositori.kemdikbud.go.id/15524/1/10%20Juni%202016.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/15524/
http://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id
Daftar Isi:
  • Guru dalam konteknya sebagai pengajar disekolah harus mampu mengelola proses pembelajaran dengan baik, memahami karakteristik siswa, menguasai materi dan mengupayakan agar siswa menguasai tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan. Tujuan penelitian yaitu pada perbaikan pembelajaran yang dilakukan adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang hidup rukun dalam perbedaan. Dan manfaat dari penelitian ini adalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama pada pembelajaran PKn di kelas I A SD Negeri 009 Balikpapan Barat. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I A SD Negeri 009 Balikpapan Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan tes tertulis, observasi pada siswa dan guru. Analisis data dilakukan secara kualitatif disertai penyajian data dalam bentuk tabel. Dari hasil tes formatif perbaikan pembelajaran siklus I mengalami peningkatan dari sebelum perbaikan. Nilai rata-rata sebelum perbaikan 52,63 sedangkan setelah perbaikan siklus I menjadi 60,79. Dan pada siklus 2 meningkat menjadi 70,79. Nilai siswa juga mengalami peningkatan lagi pada siklus 3 yaitu menjadi 82,89. Dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Kooperatif picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn khususnya pada materi hidup rukun dalam perbedaan di kelas I A SD Negeri 009 Balikpapan Barat.