Penerapan model pembelajaran teams game tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 023 Long Ikis pada mata pelajaran PKN pada topik macam-macam peraturan perundang-undangan
Main Author: | Ponijan, Ponijan |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.kemdikbud.go.id/15519/1/06%20Juni%202014.pdf http://repositori.kemdikbud.go.id/15519/ http://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id |
ctrlnum |
15519 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repositori.kemdikbud.go.id/15519/</relation><title>Penerapan model pembelajaran teams game tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 023 Long Ikis pada mata pelajaran PKN pada topik macam-macam peraturan perundang-undangan</title><creator>Ponijan, Ponijan</creator><subject>Siswa</subject><subject>Pembelajaran</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn dikelas V pada topik macam-macam peraturan perundang-undangan pada SDN 023 Long Ikis. Metode penelitian ini adalah Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas). Tindakan yang dilakukan terdiri dari dua tindakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, Planning, Acting, Observing, dan Reflecting. Adapun kelas yang diteliti adalah siswa kelas V Sekolah Dasar NegeriSDN 023 Long Ikis dengan jumlah siswa 27 orang. Setelah dilaksanakan siklus pertama yaitu guru melaksanakan praktik pembelajaran langsung diperoleh hasil pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 64,44. Pada siklus II nilai rata-rata 82,22. Jadi kondisi awal ke kondisi akhir terdapat peningkatan hasil belajar dari rata-rata 52,59 menjadi 86,00. Berdasarkan penelitian tindakan yang dilaksanakan melalui dua siklus, diperoleh peningkatan yang sangat berarti, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar PKn di kelas V Sekolah Dasar Negeri SDN 023 Long Ikis pada topik macammacam peraturan perundang-undangan.</description><publisher>Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah</publisher><date>2014-06</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_4</rights><identifier>http://repositori.kemdikbud.go.id/15519/1/06%20Juni%202014.pdf</identifier><identifier> Ponijan, Ponijan (2014) Penerapan model pembelajaran teams game tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 023 Long Ikis pada mata pelajaran PKN pada topik macam-macam peraturan perundang-undangan. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, VIII (1). pp. 109-131. ISSN 1858-3105 </identifier><relation>http://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id</relation><recordID>15519</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Journal:Article Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Ponijan, Ponijan |
title |
Penerapan model pembelajaran teams game tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 023 Long Ikis pada mata pelajaran PKN pada topik macam-macam peraturan perundang-undangan |
publisher |
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah |
publishDate |
2014 |
topic |
Siswa Pembelajaran |
url |
http://repositori.kemdikbud.go.id/15519/1/06%20Juni%202014.pdf http://repositori.kemdikbud.go.id/15519/ http://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn dikelas V pada topik macam-macam peraturan perundang-undangan pada SDN 023 Long Ikis. Metode penelitian ini adalah Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas). Tindakan yang dilakukan terdiri dari dua tindakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, Planning, Acting, Observing, dan Reflecting. Adapun kelas yang diteliti adalah siswa kelas V Sekolah Dasar NegeriSDN 023 Long Ikis dengan jumlah siswa 27 orang. Setelah dilaksanakan siklus pertama yaitu guru melaksanakan praktik pembelajaran langsung diperoleh hasil pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 64,44. Pada siklus II nilai rata-rata 82,22. Jadi kondisi awal ke kondisi akhir terdapat peningkatan hasil belajar dari rata-rata 52,59 menjadi 86,00. Berdasarkan penelitian tindakan yang dilaksanakan melalui dua siklus, diperoleh peningkatan yang sangat berarti, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar PKn di kelas V Sekolah Dasar Negeri SDN 023 Long Ikis pada topik macammacam peraturan perundang-undangan. |
id |
IOS7587.15519 |
institution |
repositori.kemdikbud.go.id/ |
institution_id |
3388 |
institution_type |
archive:archive archive |
library |
perpustakaan kemdikbud |
library_id |
2648 |
collection |
Mata Angin: antologi cerita pendek dan puisi bengkel sastra 1997 |
repository_id |
7587 |
city |
JAKARTA PUSAT |
province |
DKI JAKARTA |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7587 |
first_indexed |
2020-04-08T07:01:12Z |
last_indexed |
2020-04-08T07:01:12Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674784519808352256 |
score |
17.538404 |