Penerapan model pembelajaran teams game tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 023 Long Ikis pada mata pelajaran PKN pada topik macam-macam peraturan perundang-undangan

Main Author: Ponijan, Ponijan
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah , 2014
Subjects:
Online Access: http://repositori.kemdikbud.go.id/15519/1/06%20Juni%202014.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/15519/
http://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id
ctrlnum 15519
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repositori.kemdikbud.go.id/15519/</relation><title>Penerapan model pembelajaran teams game tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 023 Long Ikis pada mata pelajaran PKN pada topik macam-macam peraturan perundang-undangan</title><creator>Ponijan, Ponijan</creator><subject>Siswa</subject><subject>Pembelajaran</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn dikelas V pada topik macam-macam peraturan perundang-undangan pada SDN 023 Long Ikis. Metode penelitian ini adalah Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas). Tindakan yang dilakukan terdiri dari dua tindakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, Planning, Acting, Observing, dan Reflecting. Adapun kelas yang diteliti adalah siswa kelas V Sekolah Dasar NegeriSDN 023 Long Ikis dengan jumlah siswa 27 orang. Setelah dilaksanakan siklus pertama yaitu guru melaksanakan praktik pembelajaran langsung diperoleh hasil pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 64,44. Pada siklus II nilai rata-rata 82,22. Jadi kondisi awal ke kondisi akhir terdapat peningkatan hasil belajar dari rata-rata 52,59 menjadi 86,00. Berdasarkan penelitian tindakan yang dilaksanakan melalui dua siklus, diperoleh peningkatan yang sangat berarti, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar PKn di kelas V Sekolah Dasar Negeri SDN 023 Long Ikis pada topik macammacam peraturan perundang-undangan.</description><publisher>Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah</publisher><date>2014-06</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_4</rights><identifier>http://repositori.kemdikbud.go.id/15519/1/06%20Juni%202014.pdf</identifier><identifier> Ponijan, Ponijan (2014) Penerapan model pembelajaran teams game tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 023 Long Ikis pada mata pelajaran PKN pada topik macam-macam peraturan perundang-undangan. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, VIII (1). pp. 109-131. ISSN 1858-3105 </identifier><relation>http://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id</relation><recordID>15519</recordID></dc>
language ind
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ponijan, Ponijan
title Penerapan model pembelajaran teams game tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 023 Long Ikis pada mata pelajaran PKN pada topik macam-macam peraturan perundang-undangan
publisher Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
publishDate 2014
topic Siswa
Pembelajaran
url http://repositori.kemdikbud.go.id/15519/1/06%20Juni%202014.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/15519/
http://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn dikelas V pada topik macam-macam peraturan perundang-undangan pada SDN 023 Long Ikis. Metode penelitian ini adalah Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas). Tindakan yang dilakukan terdiri dari dua tindakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, Planning, Acting, Observing, dan Reflecting. Adapun kelas yang diteliti adalah siswa kelas V Sekolah Dasar NegeriSDN 023 Long Ikis dengan jumlah siswa 27 orang. Setelah dilaksanakan siklus pertama yaitu guru melaksanakan praktik pembelajaran langsung diperoleh hasil pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 64,44. Pada siklus II nilai rata-rata 82,22. Jadi kondisi awal ke kondisi akhir terdapat peningkatan hasil belajar dari rata-rata 52,59 menjadi 86,00. Berdasarkan penelitian tindakan yang dilaksanakan melalui dua siklus, diperoleh peningkatan yang sangat berarti, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar PKn di kelas V Sekolah Dasar Negeri SDN 023 Long Ikis pada topik macammacam peraturan perundang-undangan.
id IOS7587.15519
institution repositori.kemdikbud.go.id/
institution_id 3388
institution_type archive:archive
archive
library perpustakaan kemdikbud
library_id 2648
collection Mata Angin: antologi cerita pendek dan puisi bengkel sastra 1997
repository_id 7587
city JAKARTA PUSAT
province DKI JAKARTA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7587
first_indexed 2020-04-08T07:01:12Z
last_indexed 2020-04-08T07:01:12Z
recordtype dc
_version_ 1674784519808352256
score 17.538404