Penerapan model pembelajaran explicit instruction untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 5 Samarinda tahun pembelajaran 2012-2013

Main Author: Lestari, Sri
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah , 2013
Subjects:
Online Access: http://repositori.kemdikbud.go.id/15516/1/01%20Desember%202013.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/15516/
https://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran explicit instruction pada materi menulis cerpen. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pembelajaran 2012/2013. Pengumpulan data menggunakan instrumen yang berupa lembar pengamatan, catatan lapangan, tes hasil belajar siswa, dan angket respon siswa. Penelitin ini terdiri atas dua siklus, tiap siklus terdiri atas tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa dari tes awal rata-rata kelas 54,27 mejadi 68,57 pada akhir siklus I, dan pada akhir siklus II menjadi 81,77 dengan persentase ketuntasan 100%. Selain itu tingkat karakter siswa selama proses pembelajaran tergolong baik dan hasil angket menggambarkan bahwa seluruh siswa memberi tanggapan positif terhadap pembelajaran menulis cerpen dengan menerapkan model pembelajaran explicit instruction. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran explicit instruction dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada materi menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 5 Samarinda dan tingkat karakter siswa baik, serta mendapat tanggapan positif dari siswa sehingga penggunaannya dapat dinyatakan efektif.