Peningkatan kompetensi pedagogik guru PKN dalam penerapan pembelajaran kooperatif melalui supervisi klinis

Main Author: Mursyid, Ahmad
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah , 2015
Subjects:
Online Access: http://repositori.kemdikbud.go.id/15514/1/08%20Juni%202015.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/15514/
http://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id
Daftar Isi:
  • Pengawas sekolah mempunyai tugas menilai dan membina penyelenggaraan pendidikan pada sejumlah sekolah dan bertanggung jawab meningkatkan kualitas proses belajar / bimbingan siswa dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan. Dari hasil supervisi yang telah strategi pembelajaran guru-guru PKn di SMP binaan kurang bervariasi dan kurang mengarah kepada student oriented. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menerapkan pembelajaran kooperatif melalui supervisi klinis. Penelitian ini dilaksanakan dengan tindakan melalui dua siklus, yang masing-masing terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi dengan subjeknya adalah 8 guru PKn di SMP binaan di kota Balikpapan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen supervisi klinis dari buku petunjuk pelaksanan administrasi pendidikan. Hasil pengamatan yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa prosentasi kualifikasi baik dan baik sekali pada kompetensi pedagogik guru pada siklus II (rata-rata 87,5%) lebih tinggi dari pada siklus I (rata-rata 20%). Hasil penilaian terhadap pelaksanaan pembelajaran di kelas pada siklus II (84,37) juga lebih tinggi dari pada siklus I (69,06). Dengan demikian maka hasil penelitian tindakan ini dapat disimpulkan bahwa supervisi klinis dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru PKn dalam penerapan pembelajaran kooperatif di SMP binaan Kota Balikpapan.