Peningkatan hasil belajar matematika melalui penggunaan lembar kegiatan siswa (LKS) pada pokok bahasan bilangan bulat siswa

Main Author: Mulyadi, Indra
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah , 2016
Subjects:
Online Access: http://repositori.kemdikbud.go.id/15511/1/06%20Juni%202016.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/15511/
http://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id
ctrlnum 15511
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repositori.kemdikbud.go.id/15511/</relation><title>Peningkatan hasil belajar matematika melalui penggunaan lembar kegiatan siswa (LKS) pada pokok bahasan bilangan bulat siswa</title><creator>Mulyadi, Indra</creator><subject>Siswa</subject><subject>Pembelajaran</subject><description>Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 004 Muara Badak yang diajar dengan menggunakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) pada materi Bilangan bulat. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2011/2012. penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 004 Muara Badak dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas IV SD Negeri 004 Muara Badak dan sampel yang diteliti sebanyak 19 siswa. Rancangan penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yakni dengan pengerjaan LKS dan data hasil observasi terhadap guru dan siswa pada proses pembelajaran di kelas berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengunakan LKS dalam proses pembelajaran di kelas dapat meningkatan hasil belajar siswa, terlihat dari peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan LKS pada siklus I 59,54 mengalami peningkatan di siklus II menjadi 65. Berdasarkan nilai akhir rata-rata pekerjaan rumah (PR) pada siklus I 66,53 mengalami peningkatan di siklus II menjadi 72,89 berdasarkan hasil tes siklus I 50,79 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 67,10. Nilai yang diperoleh seluruh siswa yang mengikuti pembelajaran pada siklus I adalah 60,59 (cukup) pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 68,58 (cukup). Hasil observasi yang menunjukkan aktivitas siswa dan guru semakin meningkat dan bertambah baik.</description><publisher>Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah</publisher><date>2016-06</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_4</rights><identifier>http://repositori.kemdikbud.go.id/15511/1/06%20Juni%202016.pdf</identifier><identifier> Mulyadi, Indra (2016) Peningkatan hasil belajar matematika melalui penggunaan lembar kegiatan siswa (LKS) pada pokok bahasan bilangan bulat siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, X (1). pp. 55-66. ISSN 1858-3105 </identifier><relation>http://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id</relation><recordID>15511</recordID></dc>
language ind
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Mulyadi, Indra
title Peningkatan hasil belajar matematika melalui penggunaan lembar kegiatan siswa (LKS) pada pokok bahasan bilangan bulat siswa
publisher Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
publishDate 2016
topic Siswa
Pembelajaran
url http://repositori.kemdikbud.go.id/15511/1/06%20Juni%202016.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/15511/
http://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id
contents Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 004 Muara Badak yang diajar dengan menggunakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) pada materi Bilangan bulat. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2011/2012. penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 004 Muara Badak dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas IV SD Negeri 004 Muara Badak dan sampel yang diteliti sebanyak 19 siswa. Rancangan penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yakni dengan pengerjaan LKS dan data hasil observasi terhadap guru dan siswa pada proses pembelajaran di kelas berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengunakan LKS dalam proses pembelajaran di kelas dapat meningkatan hasil belajar siswa, terlihat dari peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan LKS pada siklus I 59,54 mengalami peningkatan di siklus II menjadi 65. Berdasarkan nilai akhir rata-rata pekerjaan rumah (PR) pada siklus I 66,53 mengalami peningkatan di siklus II menjadi 72,89 berdasarkan hasil tes siklus I 50,79 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 67,10. Nilai yang diperoleh seluruh siswa yang mengikuti pembelajaran pada siklus I adalah 60,59 (cukup) pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 68,58 (cukup). Hasil observasi yang menunjukkan aktivitas siswa dan guru semakin meningkat dan bertambah baik.
id IOS7587.15511
institution repositori.kemdikbud.go.id/
institution_id 3388
institution_type archive:archive
archive
library perpustakaan kemdikbud
library_id 2648
collection Mata Angin: antologi cerita pendek dan puisi bengkel sastra 1997
repository_id 7587
city JAKARTA PUSAT
province DKI JAKARTA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7587
first_indexed 2020-04-08T07:01:12Z
last_indexed 2020-04-08T07:01:12Z
recordtype dc
_version_ 1674784519784235008
score 17.538404