Peningkatan kemampuan menganalisis prosa fiksi melalui pembelajaran kooperatif model student team achievement divisions (STAD)
Main Author: | Aidawati, Noor |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.kemdikbud.go.id/15497/1/02%20Juni%202016.pdf http://repositori.kemdikbud.go.id/15497/ http://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengangkat masalah tentang apakah kemampuan menganalisis prosa fiksi siswa kelas XII SMKN 1 Samarinda dapat ditingkatkan menggunakan pembelajaran kooperatif model Student Team Achievement Divisions (STAD)? Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Pemasaran-2. Pengumpulan data dilakukan sebelum penelitian dan saat penelitian. Data penelitian berupa tes soal, pertanyaan kepada siswa, observasi guru dan siswa selama penelitian. Observasi dinilai oleh triagulasi (guru pengamat). Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif yang dapat dianalisis secara deduktif dengan menggunakan rata-rata dan persentase. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu adanya peningkatan kemampuan menganalisis prosa fiksi siswa. Nilai hasil belajar pada siklus I dibadingkan tindakan prasiklus, nilai siklus I dibandingkan dengan nilai siklus II. Ketuntasan minimal belajar bahasa Indonesia ≤ 75 merupakan patokan dalam keberhasilan. Pada prasiklus rata-rata siswa di bawah KKM. Dari siklus I hasil ratarata kelas 69 dengan kriteria cukup. Dan pada siklus II rata-rata kelas mencapai 77 dengan kriteria baik.