Implementasi lesson study berbasis sekolah (LSBS) sebagai upaya pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) bagi guru

Main Author: Napasti, Friny
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah , 2016
Subjects:
Online Access: http://repositori.kemdikbud.go.id/15494/1/01%20Juni%202016.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/15494/
http://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan implementasi LSBS dan respon guru terhadap implementasi LSBS dalam PKB bagi guru di SMP Negeri 2 Tarakan. Penelitian ini dapat digolongkan dalam jenis penelitian tindakan sekolah berbasis lesson study yang dilakukan oleh kepala sekolah pada 28 guru SMP Negeri 2 Tarakan. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dengan hasil sebagai berikut : terdapat peningkatan persentase keterlaksanaan lesson study pada siklus 1 74,04%, siklus 2 85,95%, siklus 3 92,22% dan siklus 4 96,18%. Sehingga diperleh rata-rata persentase keterlaksanaan sebesar 87,10% dengan kriteria amat baik, serta terdapat peningkatan rata-rata respon guru dari cukup baik dengan skor 1,49 pada siklus 1, 1,59 pada siklus 2, 1,86 pada siklus 3 dan 1,88 pada siklus 4, sehingga rata-rata respon guru terhadap pelaksanaan LSBS adalah rata-rata 1,71 dengan kriteria amat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan LSBS berjalan sangat baik dan terdapat peningkatan respon guru dalam melaksanakannya.