Peningkatan Hasil Belajar Pkn Pokok Bahasa Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat Dengan Metode Kerja Kelompok Siswa Kelas Iv SD Negeri 003 Sanga-Sanga

Main Author: Painem, Painem
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: LPMP Kalimantan Timur , 2012
Subjects:
Online Access: http://repositori.kemdikbud.go.id/15459/1/05%20Juni%202012.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/15459/
http://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id
Daftar Isi:
  • Meningkatkan Kinerja Guru adalah upaya menigkatkan kemampuan guru dalam meningkatkan hasil belajar dikelas, melalui pelatihan pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah Guru-Guru kelas sebanyak 15 orang Guru SD Negeri Sanga-sanga dengan jumlah guru yang mengikuti kegiatan pelatihan kinerja Guru sebanyak 15 orang. Sedangkan objek penelitian adalah dengan Pelatihan guru, gumpulan data dilakukan melalui, tiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Hasil penelitian tindakan Sekolah, menunjukkan adanya peningkatan mutu proses KBM dan peningkatan rata-rata nilai kelas 70.09, meningkat pada siklus 2 menjadi 76.04, dan pada siklus 3 meningkat lagi menjadi 83.87. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dapat meningkatkan mutu proses dan hasil belajar Mengajar (KBM) guru-guru pada SD Negeri 003 Sanga-sanga.