Peningkatan hasil belajar ips terpadu pada pokok bahasan kegiatan pokok ekonomi melalui metode giving question and getting answers siswa kelas VII SMP negeri 2 Balikpapan tahun pembelajaran 2010/2011
Main Author: | Hariyanto, Nanang |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.kemdikbud.go.id/15433/1/14%20Desember%202011.pdf http://repositori.kemdikbud.go.id/15433/ http://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini diawali dengan survey untuk menegaskan kesan IPS sebagai pelajaran yang bersifat hafalan, ini memang ada dan terjadi di sekolah kami, SMP Negeri 2 Balikpapan. Sebagai model digunakan pelajaran IPS-Ekonomi bab ”Usaha Manusia Memenuhi Kebutuhan ”. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2010 dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 3 kelas. Dari survey awal diperoleh hasil bahwa sebagian besar siswa menganggap bahwa pelajaran IPS merupakan pelajaran yang bersifat hafalan. Berdasarkan hasil survey ini dilakukan penelitian tindakan dengan melakukan pengajaran IPS-Ekonomi dengan membuat asosiasi-asosiasi yang ada pada pelajaran-pelajaran lain. Hasil penelitian tindakan ini telah mengubah kesan awal bahwa pelajaran IPS, khususnya Ekonomi, bukan pelajaran yang bersifat hafalan semata, tetapi banyak melibatkan pelajaran Matematika yang sangat bertentangan sifat dan isinya. Pengetahuan, wawasan, pengalaman, kepiawian guru, dan kesesuaian judul dan konteks penerapannya bisa menjadi faktor penentu sikap para siswa terhadap pelajaran IPS secara umum seperti yang diperoleh pada penelitian tindakan ini.