Meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran STAD pada kompetensi dasar membaca teks perangkat upacara di kelas VII-D SMP negeri 1 Tenggarong Seberang tahun pelajaran 2010/2011
Main Author: | Ranem, Ranem |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.kemdikbud.go.id/15423/1/09%20Desember%202011.pdf http://repositori.kemdikbud.go.id/15423/ http://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id |
Daftar Isi:
- Melalui kegiatan PTK dengan menggunakan model pembelajaran STAD ternyata mampu meningkatkan prestasi belajar siswa untuk Kompetensi Dasar Membaca Teks Perangkat Upacara. Pada siklus pertama tantangan berat adalah ketidakcocokan anggota kelompok yang heterogen berdampak pada prestasi yang rendah. Tetapi dengan pertimbangan perolehan nilai ditentukan oleh kemampuan teman satu tim/kelompok, ternyata mampu memacu kerjasama antarsiswa sehingga kemampuan siswa menjadi meningkat dari sisi keberanian untuk tampil membacakan teks perangkat upacara maupun kerjasama dalam kelompok. Keberhasilan ini mulai tampak pada siklus kedua dengan peningkatan 50 % dari siklus pertama, pada siklus ketiga meningkat sekitar 45 %. Dalam tiga siklus kegiatan PTK, 95% siswa tuntas secara individu dan ketuntasan kelompok mencapai 100%. Ketuntasan individu tidak mampu 100%, karena 2 siswa dari 38 siswa, sudah berusaha secara maksimal. Dan itulah batas kemampuan kedua siswa tersebut.