Perancangan Sistem Informasi Administrasi Penelitian Stmik STIKOM Bali

Main Authors: Kartika Yuniastari Sarja, Ni Luh Ayu, Yuniastari Sarja, Ni Luh Ayu Kartika, Suharsana, I Ketut
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Bagian P2M STIKOM Bali , 2017
Online Access: https://jsi.stikom-bali.ac.id/index.php/jsi/article/view/56
https://jsi.stikom-bali.ac.id/index.php/jsi/article/view/56/26
Daftar Isi:
  • Dalam perguruan tinggi terdapat sebuah lembaga khusus yang menangani penelitian dan pengabdian masyarakat yaitu LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat). Pada STIKOM Bali, lembaga yang menangani penelitian dan pengabdian masyarakat adalah P2M (Penelitian dan Pengabdian Masyarakat). Dalam hal penelitian, P2M menangani manajemen dan administrasi baik penelitian internal STIKOM Bali maupun penelitian eksternal seperti DIKTI dan penelitian lintas sektoral.  Proses administrasi penelitian internal dan eksternal selama ini masih dikelola secara manual. Proses administrasi penelitian internal dan eksternal seperti pembuatan tanda terima, surat pengajuan, surat pengumuman penerima dana, surat kontrak dan kwitansi masih dilakukan secara manual dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word dan Excel. Hal ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar pada saat melakukan proses tersebut mengingat jumlah penelitian yang cukup banyak. Oleh karena itu pada penelitian ini dilakukan perancangan sistem informasi administrasi penelitian STIKOM Bali. Perancangan aplikasi ini diharapkan dapat menjadi dasar dalam pembangunan sistem informasi administrasi penelitian STIKOM Bali. Dengan adanya sistem informasi administrasi penelitian ini diharapkan dapat membantu dan memudahkan pekerjaan bagian P2M STIKOM Bali dalam mengelola proses administrasi penelitian internal dan eksternal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendefinisian masalah, pengumpulan data, analisis sistem, perancangan sistem dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini berupa rancangan sistem informasi administrasi penelitian internal seperti DFD, ERD dan struktur tabel sehingga dapat mempermudah proses administrasi penelitian