Perancangan Data Mining dalam Analisis Asosiasi Kuantitatif Pembelian Item Barang dengan Metode Apriori

Main Authors: Melati, I Gusti Ayu Sri, Saryanti, I Gusti Ayu Desi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Bagian P2M STIKOM Bali , 2014
Online Access: https://jsi.stikom-bali.ac.id/index.php/jsi/article/view/45
https://jsi.stikom-bali.ac.id/index.php/jsi/article/view/45/8
Daftar Isi:
  • Pada umumnya semua perusahaan mengumpulkan informasi melalui sistem database yang berguna untuk menampung data transaksi, kemudian nantinya data tersebut diolah sehingga dapat diketahui tingkat dan volume suatu penjualan, pembelian pada suatu waktu tertentu dan sebagainya, sehingga seorang pengambil keputusan dapat mengatur strategi pemasaran bagi perusahaannya. Dewasa ini muncul tuntutan bagi seorang pengambil keputusan, untuk dapat melihat peluang-peluang yang dapat meningkatkan penjualan di perusahaannya, berdasarkan informasi yang relevan. Pengambil keputusan perlu memakai suatu sistem yang dapat mendukungnya dalam mengambil keputusan secara cepat dan juga tepat. Informasi atas suatu produk dapat digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualan. Salah satu cara untuk mendapatkan informasi adalah dengan melakukan data mining. Perancangan data mining ini akan menggunakan algoritma apriori untuk melakukan analisa keranjang pasar. Data yang diperlukan diambil dari data transaksi penjualan selama periode tertentu dan diolah sehingga menghasilkan frequent itemset. Sehingga pada akhirnya hasil yang didapatkan dari proses data mining ini dapat dijadikan suatu informasi baru yang dapat digunakan oleh sebuah perusahaan untuk meningkatkan produksi maupun penjualan produk-produknya