Pengukuran Kualitas Layanan Website Terhadap Kepuasan Pengguna pada Universitas XYZ dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0

Main Authors: Amelia, Lisa, Pradesan, Iis
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Bagian Perpustakaan dan Publikasi Ilmiah - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali , 2019
Subjects:
Online Access: https://jsi.stikom-bali.ac.id/index.php/jsi/article/view/249
https://jsi.stikom-bali.ac.id/index.php/jsi/article/view/249/183
Daftar Isi:
  • Salah satu perkembangan teknologi komputer yang banyak dimanfaatkan kegunaannya saat ini adalah Website. Website menjadi salah satu bentuk teknologi yang banyak digunakan karena dapat memberikan kemudahkan dan manfaat bagi penggunanya. Suatu website dapat dikatakan berkualitas apabila apa website tersebut dapat memenuhi kebutuhan atau dapat memberikan kepuasan kepada penggunanya. Penulis menggunakan Metode WebQual 4.0 dengan tiga dimensi utamanya yaitu usability, information, service interaction untuk mengukur kualitas layanan yang dapat dikaitkan dengan kepuasan pengguna. Penelitian ini dilakukan pada pengguna website di Universitas XYZ. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil pengujian menyatakan bahwa variabel independen (usability, information, dan service interaction ) berpengaruh secara parsial terhadap variabel dependen (kepuasan pengguna) dengan nilai signifikansi dari setiap variabel usability, information, dan service interaction masing-masing sebesar 0,003, 0,000 dan 0,047.