Perancangan Sistem Arsitektur Knowledge Management System Untuk Meningkatkan Kinerja Dosen

Main Author: Saryanti, I Gusti Ayu Desi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Bagian P2M STIKOM Bali , 2017
Online Access: https://jsi.stikom-bali.ac.id/index.php/jsi/article/view/141
https://jsi.stikom-bali.ac.id/index.php/jsi/article/view/141/73
Daftar Isi:
  • Melanjutkan penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya oleh I Gusti Ayu Desi Saryanti dengan judul “Analisis Meningkatkan Kinerja Dosen Menggunakan Knowledge Management System“ yaitu dilakukan penganalisissan dan pengolahan data dari hasil kuesioner. Untuk itu pada tahapan kali ini akan dilanjutkan dengan proses perancangan system. Knowledge Management System (KMS) adalah sistem pengelolaan pengetahuan dalam suatu organisasi, yang mendukung penciptaan, menangkap, dan menyimpan dan berbagi bentuk keterampilan dalam bentuk informasi. pengetahuan dapat diolah berdasarkan komponen pengetahuan seperti teknik penyimpanan, pengambilan, akuisisi pengetahuan, pengelolaan pengetahuan organisasi dan pribadi. Komponen pengetahuan tersebut dapat diakses oleh pengguna melalui infrastruktur KM berupa portal yang disebut KMS. Dunia pendidikan berfungsi memproduksi tenaga-tenaga yang berkualitas untuk berbagai jenis dan tingkatan keahlian. Penelitian ini bertujuan untuk merancang, mengembangkan strategi KMS untuk kinerja dosen. Indikator yang digunakan pada penelitian ini adalah pendidikan formal, jabatan akademik, pengalaman mengajar dikelas, penelitian, pelatihan/karya ilmiah, sertifikasi keilmuan, pengabdian masyarakat, pengajaran.Model konseptual knowledge management system dievaluasi berdasarkan data yang diterima dari survei. Kuesioner dibagikan kepada dosen dalam tiga Program Studi. Pada penelitian ini telah dihasilkan suatu perancangan system dengan menggunakan Unified Modeling Language (UML), Desain Interface dan Skema Jaringan yang nantinya akan digunakan.