Saluran Pemasaran Gabah di Daerah Aliran Sungai Hilir Bengawan Solo Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro

Main Authors: Alfian, Muhamad; Program Studi Magister Agribisnis, Pascasarjana Universitas Sebelas Maret, Rahayu, Endang Siti; Program Studi Magister Agribisnis, Pascasarjana Universitas Sebelas Maret, Handayani, Sugiarti Mulya; Program Studi Magister Agribisnis, Pascasarjana Universitas Sebelas Maret
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Interdisciplinary and Multidisciplinary Studies: Conference Series , 2024
Subjects:
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/imscs/article/view/13446
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/imscs/article/view/13446/9433
Daftar Isi:
  • The aim of this research is to describe the grain marketing channels in Hilir Bengawan Solo, Ngraho District, Bojonegoro Regency. This research method uses surveys, interviews and observations. Data analysis, used in this research is qualitative descriptive analysis. Qualitative analysis is used to describe grain marketing channels. The conclusions from the results of research conducted in Ngraho District, Bojonegoro Regency are as follows: There are 3 types of marketing channels in Ngraho District, Bojonegoro Regency, namely: 1) Farmers - Milling, 2) Farmers - Collectors - Milling, 3) Farmers - Combi Slasher– Collector- Mill Merchant. Of the 3 types of marketing channels, most farmers use marketing channel number 2, namely Farmers - Collectors - Milling.Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan saluran pemasaran gabah di Hilir Bengawan Solo Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro. Metode penelitian ini yaitu menggunakan survey, observasi dan wawancara. Untuk Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Analisis kualitatif untuk mendeskripsikan saluran pemasaran gabah. Dari hasil penelitian yang dilakukan di Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro dapat disimpulkan sebagai berikut : Saluran pemasaran yang ada di Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro terdapat 3 jenis saluran yaitu : 1) Petani – Penggiling, 2) Petani – Pedagang Pengumpul – Penggiling, 3) Petani – Penebas Combi– Pedagang Pengepul- Penggiling. Dari 3 jenis saluran pemasaran paling banyak petani menggunakan saluran pemasaran nomer 2 yaitu Petani – Pedagang Pengumpul – Penggilingan