UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN MENGULANG

Main Authors: Lestari, Mulyo, Sukarna, Ikawati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia , 2023
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpbi/article/view/13178
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpbi/article/view/13178/9180
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan upaya peningkatan kemampuan membaca peserta didik di sekolah Menengah Atas. Berdasarkan hasil observasi masih banyak ditemukan peserta didik yang memiliki kemampuan membaca yang masih rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasipenelitian bertempat di SMA 2 Surakarta. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Januari-Maret 2023. Adapun subjek penelitian merupakan peserta didik kelas XE2 di SMA 2 Surakarta. Teknik Analisis Data yang digunakan adalah teknik secara interaktif dan berlangsung secara berkelanjutan. Aktivitas dalam analisis data adalahreduction, data display, dan verification. Penyajian data dengan mendeskripsikan informasi yang diperoleh berdasarkan observasi selama proses pembelajaran. Upaya peningkatan kemampuan membaca dapat dilakukan dengan meningkatkan minat baca, motivasi belajar, dan strategi pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi.Strategi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu strategi pembelajaran mengulang. Strategi ini dipilih karena efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca peserta didik karena merupakan strategi dengan membiasakan peserta didik untuk terus membaca berdasarkan buku yang diminatinya.