Tembang Dolanan Gajah-Gajah dan Lir-Ilir: Frasa dan Makna dengan Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter

Main Author: Wijayanti, Nanda Arif; SMA NEGERI 7 SURAKARTA, Jl. Moh. Yamin No.79, Tipes, Kec. Serengan, Kota Surakarta
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Interdisciplinary and Multidisciplinary Studies: Conference Series , 2023
Subjects:
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/imscs/article/view/13113
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/imscs/article/view/13113/9141
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini mendeskripsikan frasa dan makna yang terkandung dalam tembang dolanan Gajah-gajah dan Lir-ilir. Frasa dalam kedua tembang ini diklasifikasikan jenis frasanya, kemudian mendeskripsikan makna dari kedua tembang dolanan tersebut untuk memperoleh pendidikan karakter yang terkandung dalam tembang dolanan Gajah-gajah dan Lir-ilir. Data dalam penelitian ini adalah tembang dolanan Gajah-gajah dan Lir-ilir. Adapun metode yang digunakan dalam analisis data adalah studi pustaka dan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, terdapat 7 (tujuh) jenis frase, yaitu frase aran, frasa kriya, frasa kaanan, frasa wilangan, frasa katrangan, frasa sesulih, dan frasa ancer-ancer. Kedua, makna kedua tembang dolanan mengandung makna pendidikan yang kental, seperti religius dan pengetahuan lingkungan. Ketiga, terdapat 18 pilar nilai dalam pendidikan karakter, antara lain: religius; jujur; toleransi; disiplin; kerja keras; kreatif; mandiri; demokratis; rasa ingin tahu; nasionalisme; cinta tanah air; menghargai prestasi; komunikatif, senang bersahabat, proaktif; cinta damai; gemar membaca; peduli lingkungan; peduli sosial; dan tanggung jawab. Akan tetapi, tidak semua dari 18 pilar nilai pendidikan karakter terdapat dalam kedua tembang dolanan tersebut.