Tembang Dolanan Gajah-Gajah dan Lir-Ilir: Frasa dan Makna dengan Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter
Main Author: | Wijayanti, Nanda Arif; SMA NEGERI 7 SURAKARTA, Jl. Moh. Yamin No.79, Tipes, Kec. Serengan, Kota Surakarta |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Interdisciplinary and Multidisciplinary Studies: Conference Series
, 2023
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/imscs/article/view/13113 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/imscs/article/view/13113/9141 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini mendeskripsikan frasa dan makna yang terkandung dalam tembang dolanan Gajah-gajah dan Lir-ilir. Frasa dalam kedua tembang ini diklasifikasikan jenis frasanya, kemudian mendeskripsikan makna dari kedua tembang dolanan tersebut untuk memperoleh pendidikan karakter yang terkandung dalam tembang dolanan Gajah-gajah dan Lir-ilir. Data dalam penelitian ini adalah tembang dolanan Gajah-gajah dan Lir-ilir. Adapun metode yang digunakan dalam analisis data adalah studi pustaka dan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, terdapat 7 (tujuh) jenis frase, yaitu frase aran, frasa kriya, frasa kaanan, frasa wilangan, frasa katrangan, frasa sesulih, dan frasa ancer-ancer. Kedua, makna kedua tembang dolanan mengandung makna pendidikan yang kental, seperti religius dan pengetahuan lingkungan. Ketiga, terdapat 18 pilar nilai dalam pendidikan karakter, antara lain: religius; jujur; toleransi; disiplin; kerja keras; kreatif; mandiri; demokratis; rasa ingin tahu; nasionalisme; cinta tanah air; menghargai prestasi; komunikatif, senang bersahabat, proaktif; cinta damai; gemar membaca; peduli lingkungan; peduli sosial; dan tanggung jawab. Akan tetapi, tidak semua dari 18 pilar nilai pendidikan karakter terdapat dalam kedua tembang dolanan tersebut.