PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA

Main Authors: -, Soeprayitno -; Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir.Sutami No.36A Surakarta, Indonesia, -, Purwati Yuni Rahayu -; Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir.Sutami No.36A Surakarta, Indonesia
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis , 2017
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpe/article/view/10676
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Peningkatan hasil belajar siswa merupakan tujuan utama dalam proses pembelajaran. Banyak faktor yang mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa baik secara intrinsik maupun ekstrinsik. Salah satu faktor intrinsik yang berperan penting yaitu kemampuan siswa dalam mengelola emosionalnya (kecerdasan emosi). Peningkatan kecerdasan emosi dinilai penting karena merupakan sebuah “asset” yang bersifat jangka panjang. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa, mulai dari pendekatan personal antara guru dan siswa, bimbingan konseling, hingga pada saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap peningkatan kecerdasan emosional (EI) siswa kelas XI IPS SMAN di kabupaten Sukoharjo. Model kooperatif tipe TGT dipilih karena memiliki tahap-tahap yang sesuai dengan indikator-indikator yang ada pada kecerdasan emosi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes hasil belajar dan angket kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan teknik analisis data regresi linier sederhana dan Independent sample test (t-tes). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) memiliki pengaruh terhadap kecerdasan emosi pada siswa. Kata Kunci : Kecerdasan Emosi, Teams Games Tournament (TGT)