Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Untuk menumbuhkan Self Management dalam Belajar Siswa
Main Authors: | Ali, Ibrahim, Muksin, Ucin, Chodijah, Siti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Department of Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
, 2017
|
Online Access: |
https://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id/index.php/irsyad/article/view/849 https://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id/index.php/irsyad/article/view/849/211 |
Daftar Isi:
- The purpose of this study is to determine the condition of self-management in student learning in Madrasah Ash-Shibyan Bayongbong Garut district, to know the implementation of group guidance to grow self-management in learning Ash-Shibyan madrassas District Bayongbong Garut. The method used in the core research is descriptive method that provides an overview of the facts accurately and systematically calm the implementation of group guidance to improve self-management in student learning in Madrasah Ash-Shibyan Bayongbong District Garut. Data found from this study that the condition of students who do not have Self Management in learning. The process of implementing group guidance in Madrasah Ash-Shibyan Bayongbong Garut district, which is through several stages including: Formation stage, Transition phase / transition stage, stage of activities and stages of termination and evaluation. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kondisi Self Management dalam belajar siswa di Madrasah Ash-Shibyan Kecamatan Bayongbong Garut, untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan kelompok untuk menumbuhkan Self Management dalam belajar siswa madrasah Ash-Shibyan Kecamatan Bayongbong Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian inti yaitu metode deskriptif yakni memberikan gambaran mengenai fakta-fakta secara akurat dan sistematis tenang pelaksanaan bimbingan kelompok untuk meningkatkan Self Management dalam belajar siswa di madrasah Ash-Shibyan Kecamatan Bayongbong Garut. Data yang ditemukan dari penelitian ini yaitu kondisi siswa yang tidak memiliki Self Management dalam belajar. Proses pelaksanaan bimbingan kelompok di Madrasah Ash-Shibyan kecamatan Bayongbong Garut ini, yaitu melalui beberapa tahap diantaranya: Tahap pembentukan, Tahap pengalihan/tahap transisi, tahap kegiatan dan tahap pengakhiran serta evaluasi.