KOMUNIKASI ORGANISASI KEHUMASAN POLRES PASURUAN

Main Authors: Fatikh, M. Alfin, Panuju, Redi
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komuniasi (ASPIKOM) Wilayah Riau , 2018
Online Access: http://jurnalrisetkomunikasi.org/index.php/jrk/article/view/8
http://jurnalrisetkomunikasi.org/index.php/jrk/article/view/8/5
Daftar Isi:
  • In reformation era and digitalization era now people increasingly free to uploade anything in social media. Begal case rampant in Pasuruan of east java to make people restless, when there is a perpetrator of Begal caught by public then recorded and then uploaded and the community who became victims of telling in the social media, so now Pasuruan called is "city of begal". The key to the success of public relations is the sense of security that people received through their online communication, a sense that will change the opinion of people who think Pasuruan "city of begal". The results of this research demonstrate the role definition of  Pasuruan Police Public Relationship in providing security more dominant on communications technician and the role of expert prescriber to provide the succes information of  the robber cyber team to build issues and opinions positive in society, but the communication facilitator and facilitator troubleshooter persists , though not so dominant. The application of the concept of service in online media is a form of commitment to the Police in providing security to the community. The quality of Public Relation communication with the online media communities needs to be improved, given the many people are talking about issues that occur in the online media.
  • Di era reformasi dan era digitalisasi sekarang ini masyarakat semakin bebas mengupload apa saja di sosial medianya, kasus Begal yang marak di daerah Kabupaten Pasuruan Jawa Timur membuat masyarakatnya resah, ketika ada pelaku Begal tertangkap oleh masyarakat di amuk massa kemudian di rekam lalu di upload dan masyarakat yang menjadi korban menceritakannya di sosial medianya, hingga timbul opini dari masyarakat Pasuruan “City of Begal”. Kunci utama keberhasilan humas adalah komunikasi dan opini positif yang di terima oleh masyarakat melalui komunikasinya di media online, opini positif itu akan mengubah opini masyarakat yang beranggapan Pasuruan “City of Begal”.  Hasil penelitian ini menunjukkan komunikasi Polres Pasuruan dalam membangun opini positif lebih dominan pada penyampaian informasi kepada Kapolres dan memberikan informasi-informasi keberhasilan tim saber begal untuk membangun isu dan opini positif di masyarakat, Namun komunikasi di media online terhadap masyarakat belum dilakukan, Penerapan konsep pelayanan di media online merupakan bentuk komitmen Polri dalam membangun opini kepada masyarakat. Kualitas komunikasi humas dengan masyarakat di media online perlu ditingkatkan, mengingat masyarakat sekarang lebih banyak membicarakan isu-isu yang terjadi di media online.