Meningkatkan Kemampuan Logika-Matematika Anak Melalui Permainan Puzzle Di Kelompok B RA Ar-Rasyid Kendari

Main Authors: Pabunga, Dorce Banne, Dina, Hasfyla
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Smart Paud , 2018
Online Access: http://ojs.uho.ac.id/index.php/smartpaud/article/view/4680
http://ojs.uho.ac.id/index.php/smartpaud/article/view/4680/pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan logika-matematika anak melalui permainan puzzle di Kelompok B RA Ar-Rasyid Kendari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari beberapa tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan atau observasi, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak di Kelompok B RA Ar-Rasyid Kendari yang berjumlah 15 orang. Hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I, diperoleh sebesar 64%, aktifitas anak diperoleh sebesar 69% dan hasil belajar yang ditunjukan oleh anak mencapai 60%. Pada siklus II diperoleh persentase hasil mengajar guru sebesar 86%, dan juga anak sebesar 85% dan hasil belajar anak diperoleh peningkatan sebesar 80%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan logika-matematika anak di Kelompok B RA Ar-Rasyid Kendari dapat ditingkatkan melalui permainan puzzle. Kata kunci: Kemampuan Logika-Matematika, Permainan Puzzle, Anak.