Meningkatkan Kemampuan Logika-Matematika Anak Melalui Permainan Puzzle Di Kelompok B RA Ar-Rasyid Kendari
Main Authors: | Pabunga, Dorce Banne, Dina, Hasfyla |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Smart Paud
, 2018
|
Online Access: |
http://ojs.uho.ac.id/index.php/smartpaud/article/view/4680 http://ojs.uho.ac.id/index.php/smartpaud/article/view/4680/pdf |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan logika-matematika anak melalui permainan puzzle di Kelompok B RA Ar-Rasyid Kendari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari beberapa tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan atau observasi, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak di Kelompok B RA Ar-Rasyid Kendari yang berjumlah 15 orang. Hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I, diperoleh sebesar 64%, aktifitas anak diperoleh sebesar 69% dan hasil belajar yang ditunjukan oleh anak mencapai 60%. Pada siklus II diperoleh persentase hasil mengajar guru sebesar 86%, dan juga anak sebesar 85% dan hasil belajar anak diperoleh peningkatan sebesar 80%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan logika-matematika anak di Kelompok B RA Ar-Rasyid Kendari dapat ditingkatkan melalui permainan puzzle. Kata kunci: Kemampuan Logika-Matematika, Permainan Puzzle, Anak.