Eksplorasi Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Anak

Main Author: Nihwan, Nihwan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo , 2020
Subjects:
Online Access: http://ojs.uho.ac.id/index.php/smartpaud/article/view/12815
http://ojs.uho.ac.id/index.php/smartpaud/article/view/12815/pdf
Daftar Isi:
  • Pembelajaran sains bertujuan agar anak mampu berpikir secara konkrit dengan aktif mencari informasi tentang yang ada di lingkungan sekitar untuk membangun pengetahuannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir anak melalui kegiatan eksplorasi pembelajaran sains sederhana di Kelompok B TK ABA Yosomulyo Metro Pusat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian yakni seluruh Anak Kelompok B TK ABA Yosomulyo Metro Pusat yang berjumlah 15 Anak. Data yang diperoleh adalah hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotor dari lembar hasil observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sains pada materi pengukuran dapat meningkatkan kemampuan berpikir anak yang berupa hasil belajar kognitif, hasil belajar afektif, dan hasil belajar psikomotorik pada siklus I hanya 65% meningkat pada siklus II sebesar 80% dan siklus III meningkat dengan persentase mencapai 92%. Kesimpulan penelitian ini bahwa kegiatan eksplorasi pembelajaran sains dapat meningkatkan kemampuan berpikir anak.