Eksplorasi Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Anak
Main Author: | Nihwan, Nihwan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ojs.uho.ac.id/index.php/smartpaud/article/view/12815 http://ojs.uho.ac.id/index.php/smartpaud/article/view/12815/pdf |
Daftar Isi:
- Pembelajaran sains bertujuan agar anak mampu berpikir secara konkrit dengan aktif mencari informasi tentang yang ada di lingkungan sekitar untuk membangun pengetahuannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir anak melalui kegiatan eksplorasi pembelajaran sains sederhana di Kelompok B TK ABA Yosomulyo Metro Pusat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian yakni seluruh Anak Kelompok B TK ABA Yosomulyo Metro Pusat yang berjumlah 15 Anak. Data yang diperoleh adalah hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotor dari lembar hasil observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sains pada materi pengukuran dapat meningkatkan kemampuan berpikir anak yang berupa hasil belajar kognitif, hasil belajar afektif, dan hasil belajar psikomotorik pada siklus I hanya 65% meningkat pada siklus II sebesar 80% dan siklus III meningkat dengan persentase mencapai 92%. Kesimpulan penelitian ini bahwa kegiatan eksplorasi pembelajaran sains dapat meningkatkan kemampuan berpikir anak.