Pengaruh Penerapan Model TTW Terhadap Kemampuan Menulis Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Motivasi Belajar

Main Authors: ., Aisah, ., Kodirun, ., Mukhsar
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo , 2019
Subjects:
TTW
Online Access: http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPM/article/view/5986
http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPM/article/view/5986/pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan menulis matematis siswa yang diajar dengan model TTW dan pembelajaran langsung; mengetahui perbedaan pengaruh penerapan model TTW dan pembelajaran langsung terhadap kemampuan menulis matematis siswa ditinjau dari motivasi belajar. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMPN 4 Kendari. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan statistik inferensial dengan two way anova dan uji beda dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara signifikan rata-rata peningkatan kemampuan menulis matematis siswa yang diajar dengan model TTW lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata peningkatan kemampuan menulis matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran langsung; terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan penerapan model TTW dan pembelajaran langsung terhadap kemampuan menulis matematis siswa ditinjau dari motivasi belajar..