Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari

Main Authors: Anzar, Zuari, Arvyaty, Arvyaty, Busnawir, Busnawir, Fahinu, Fahinu
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo , 2019
Subjects:
Online Access: http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPM/article/view/5643
http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPM/article/view/5643/pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari. Sampel diambil secara purposive sampling dan diperoleh kelas VIII5 sebagai kelas eksperimen. Data dikumpulkan dengan pemberian instrumen berupa lembar observasi dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang berbentuk tes uraian. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif dan secara inferensial menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran generatif memiliki nilai rata – rata 61,77 dan varians 126,16. (2) Rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah pembelajaran generatif adalah 78,93 dan varians 138,78; dan (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari.