Pengaruh Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif

Main Author: & Faad Maonde, Asran, Asrul Sani
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo , 2017
Online Access: http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPM/article/view/2077
http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPM/article/view/2077/pdf
Daftar Isi:
  • penelitian eksperimen ini menggunakan desain 2x3 factorial bertujuan mengkaji pengaruh minat siswa terhadap hasil belajar matematika melalui kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw-TSTS (A=1) dan Jigsaw (A=2). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Konawe Selatan dengan jumlah siswa 218, sedang jumlah sampel 60 siswa. Penelitian ini menggunakan dua faktor yakni faktor Ai (kombinasi model pembelajaran kooperatif ) dan Faktor Bj (minat siswa). Hasil analisis varian menunjukan bahwa (1) faktor interaksi model pembelajaran kooperatif (Ai) dan minat siswa (Bj) melalui desain A*B dan desain B A*B melalui statistic uji-F menolak H0 yang berarti bahwa kedua model tersebut menolak hipotesis nol (mempunyai pengaruh yang signifikan). (2) faktor interaksi model pembelajaran kooperatif (Ai) dan minat siswa (Bj) melalui desain A A*B dan desain A B A*B melalui statistik uji-F menerima H0 yang berarti bahwa kedua model tersebut menerima hipotesis nol (mempunyai pengaruh yang tidak signifikan).Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw-TSTS, Jigsaw, Minat siswa, Hasil belajar matematika.