Perbedaan Hasil Belajar Matematika Sekolah Menengah Atas Ditinjau Dari Model Pembelajaran Kooperatif dan Kemampuan IPA
Main Authors: | , Moh. Salam, Kadir Tiya, Magvira, & |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo
, 2017
|
Online Access: |
http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPM/article/view/2053 http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPM/article/view/2053/pdf |
Daftar Isi:
- Penelitian eksperimen ini menggunakan desain 3x2 faktorial bertujuan mempelajari perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari model pembelajaran kooperatif (Jigsaw, TSTS, dan STAD) dan kemampuan IPA pada SMA Negeri 2 Kendari dengan jumlah sampel 90 siswa. Penilaian diri perilaku siswa dalam pembelajaran matematika relatif lebih baik. Hasil analisis dengan menggunakan analisis Statistik Uji-F dan Uji-t pada taraf signifikansi α=0,05 menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan TSTS lebih efektif dari STAD dengan syarat kemampuan IPA.Kata Kunci: Kooperatif tipe Jigsaw, TSTS, STAD), Kemampuan IPA, Hasil Belajar Matematika.