Perbedaan Hasil Belajar Matematika Sekolah Menengah Atas Ditinjau Dari Model Pembelajaran Kooperatif dan Kemampuan IPA

Main Authors: , Moh. Salam, Kadir Tiya, Magvira, &
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo , 2017
Online Access: http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPM/article/view/2053
http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPM/article/view/2053/pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian eksperimen ini menggunakan desain 3x2 faktorial bertujuan mempelajari perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari model pembelajaran kooperatif (Jigsaw, TSTS, dan STAD) dan kemampuan IPA pada SMA Negeri 2 Kendari dengan jumlah sampel 90 siswa. Penilaian diri perilaku siswa dalam pembelajaran matematika relatif lebih baik. Hasil analisis dengan menggunakan analisis Statistik Uji-F dan Uji-t pada taraf signifikansi α=0,05 menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan TSTS lebih efektif dari STAD dengan syarat kemampuan IPA.Kata Kunci: Kooperatif tipe Jigsaw, TSTS, STAD), Kemampuan IPA, Hasil Belajar Matematika.