Perbedaan Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Model Pembelajaran Kooperatif dan Penguasaan IPA

Main Authors: Bey &, Anwar, Ekadayanti, Waode
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo , 2017
Online Access: http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPM/article/view/1999
http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPM/article/view/1999/pdf
Daftar Isi:
  • penelitian eksperimen ini menggunakan desain 3x2 faktorial bertujuan untuk mempelajari perbedaan rerata hasil belajar matematika ditinjau dari faktor (Bj|Ai), dan faktor (Ai|Bj) dan perbedaan dalam perbedaan tipe-1 dan tipe-2. Berdasarkan analisis statistik Uji-F dan uji-t sebahagian besar dengan nilai-p<α=0,05, empat hipotesis pembelajaran menerima H0, yaitu C(5)≤C(6), C(1)=C(5), C(3)=C(5) yang berarti bahwa perbedaannya tidak signifikan, sedangkan empat hipotesis lainnya menolak H0, yaitu C(1) ≤C(2), C(3) ≤C(4), C(2)=C(6), C(4)=C(6). Analisis perbedaan dalam perbedaan berdasarkan statistik uji-t nilai-p<α=0,05, tipe-1 menolak H0 dan tipe-2 menerima H0. Kata kunci: Pembelajaran Jigsaw, Student Team Achivement Division, Team Assisted Individualization, Penguasaan IPA