Kesenjangan Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Penerapan Metode Mengajar dan Umpan Balik Penilaian
Main Author: | Maonde, Faad |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo
, 2017
|
Online Access: |
http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPM/article/view/1981 http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPM/article/view/1981/pdf |
Daftar Isi:
- Penelitian eksperimen ini menggunakan desain 2x2 faktorial bertujuan untuk mempelajari perbedaan rerata respon univariat C(i)-C(j) di mana i≠j serta perbedaan dalam perbedaan (kesenjangan) rerata hasil belajar matematika ditinjua dari penerapan metode mengajar dan umpan balik penilaian dengan hipotesis statistik: {C(1)-C(2)=C(3)-C(4)}. Empat hipotesis rerata respon univariat berdasarkan analisis statistik Uji-t dengan nilai-p<α=0,01 menolak H0 kecuali hipotesis rerata respon C(3)=C(4) menerima H0. Kesenjangan hasil belajar matematika berdasarkan statistik Uji-t nilai-p<α=0,01 menolak H0. Temuan yang menarik ini masih perlu dikaji secara mendalam dalam penelitian berikutnya. Kata kunci: rerata respon univariat, kesenjangan, metode mengajar dan umpan balik penilaian.