Mengembangkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Model-Electing Activities
Main Author: | Permana, Yanto |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo
, 2017
|
Online Access: |
http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPM/article/view/151-162 http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPM/article/view/151-162/pdf |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengkaji pengaruh model-eliciting activities terhadap kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa SMA dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Sampel sebanyak 219 siswa dari tiga kluster SMA. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terhadap kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis: (1) pembelajaran MEAs berpengaruh lebih besar daripada kluster sekolah dan kemampuan awal matematik; (2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan kluster sekolah dan antara pembelajaran dan KAM. Di samping itu, terdapat asosiasi yang tinggi antara kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis.