Pemanfaatan Dakota dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi FPB dan KPK

Main Author: Purwasih, Silviana Maya
Other Authors: Kepala MI Hasanuddin Tebel, Gedangan-Sidoarjo, LPPM Universitas PGRI Adi Buana
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo , 2020
Subjects:
Online Access: http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPM/article/view/10087
http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPM/article/view/10087/pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Dakota (Dakon Matematika) dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV MI Hasanuddin pada materi FPB dan KPK. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas IV-A dan kelas IV-B dimana kelas IV-A adalah kelas eksperimen sedangkan kelas IV-B adalah kelas kontrol. Teknik pengumpulkan data yang digunakan berupa tes sedangkan analisis data yang digunakan adalah independent sample test. Hasil analisis data berdasarkan bantuan SPSS 23.0 untuk df = 46 diperoleh thitung (4.696) > ttabel (2.013) dan nilai sig. 0.000 < α = 0,05. Hal ini berarti terdapat perbedaan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dengan rata-rata nilai posttest kelas kontrol dengan taraf signifikan 95%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan Dakota meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 MI Hasanuddin pada materi FPB dan KPK