Analisis Metode Klasifikasi Pada Penjualan Cat Emco ( Studi Kasus PT. Satriakarya Adiyudha Cab. Kupang )

Main Authors: Seran, Bernadetha Soi; Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, Ngaga, Emersiana; Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, Siki, Yovinia C. Hoar; Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
Other Authors: LPPM Universitas Katolik Santo Thomas
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: LPPM UNIKA Santo Thomas , 2020
Subjects:
Online Access: http://ejournal.ust.ac.id/index.php/JTIUST/article/view/975
http://ejournal.ust.ac.id/index.php/JTIUST/article/view/975/pdf1
Daftar Isi:
  • PT. SKAY cab. Kupang adalah Perusahaan yang bergerak di bidang penjualan. Data yang tersimpan akan dimanfaatkan menggunakan data mining sehingga dapat digunakan sebagai pendukung keputusan untuk mencari suatu informasi yang berguna dalam evaluasi data yang digunakan. Berbagai metode yang terdapat dalam data mining, maka penelitian ini akan melakukan analisis perbandingan 5 metode klasifikasi dari data mining tersebut. Penggunaan metode Naïve Bayes, Decision Tree, K-NN, Neural Network dan SVM diimplementasikan menggunakan aplikasi RapidMiner, yang nantinya akan dilakukan analisis dari masing-masing metode tersebut untuk menentukan strategi penjualan pada PT. SKAY cab. Kupang. Penelitian ini dilakukan dengan sekelompok data untuk mengetahui persentase nilai precision, recall dan accuracy. Hasil dari penelitian ini, metode K-NN memiliki nilai lebih baik dari 4 metode yang lain. Nilai precision 100.00%, recall 100.00% dan accuracy 100.00%.