Penerapan Algoritma Minimax Terhadap Permainan Tic-Tac-Toe Dengan Menggunakan Artificial Intelligence

Main Authors: Christopher, Arvin; Universitas Bunda Mulia Jakarta, Daniel, Daniel; Universitas Bunda Mulia Jakarta, Pratama, Ellen; Universitas Bunda Mulia Jakarta, Hakim, Lukman; Universitas Bunda Mulia Jakarta
Other Authors: Universitas Bunda Mulia
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: LPPM UNIKA Santo Thomas , 2020
Subjects:
Online Access: http://ejournal.ust.ac.id/index.php/JTIUST/article/view/941
http://ejournal.ust.ac.id/index.php/JTIUST/article/view/941/pdf
Daftar Isi:
  • Kecerdasan buatan merupakan suatu sistem yang dibuat dengan menggunakan algoritma tertentu, sehingga sistem tersebut seolah-olah dapat bekerja seperti manusia. Algoritma Minimax adalah sebuah algoritma yang digunakan untuk menentukan pilihan agar dapat memperkecil kemungkinan kehilangan nilai maksimal, yang akan meminimalkan kemungkinan kekalahan dan memaksimalkan kemungkinan kemenangan. Adapun game sederhana yang digunakan untuk menerapkan algoritma Minimax yaitu Tic-Tac-Toe. Game Tic-Tac-Toe ini menerapkan kecerdasan buatan dengan menggunakan algoritma Minimax, dimana komputer dapat menentukan langkah terbaik yang harus diambil. Game Tic-Tac-Toe ini dibuat dengan berbasis website dan papan permainan Tic-Tac-Toe sebesar 3 x 3, permainan akan berakhir jika pemain satu (manusia) kalah dan pemain dua (komputer) menang atau permainan seri.