Artificial Intelligence (AI) Susun Angka Bentuk Kotak 4 X 4 Menggunakan Pencarian Heuristik Dengan Algoritma Bfs

Main Authors: Manalu, Lamria; Filkom, Universitas Katolik Santo Thomas SU, Harianja, Andy Paul; FIKOM UST
Other Authors: Universitas Katolik Santo Thomas Medan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: UNIKA Santo Thomas , 2018
Online Access: http://ejournal.ust.ac.id/index.php/JTIUST/article/view/239
http://ejournal.ust.ac.id/index.php/JTIUST/article/view/239/257
Daftar Isi:
  • Dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam literatur-literatur dapat ditemukan berbagai jenis permainan angka. Keunikan dari permainan-permainan angka ini menjadikan permainan ini sangat mengasyikkan, dan sekaligus dapat digunakan untuk melatih kecerdasan. Permainan pergeseran angka biasanya dimainkan dalam bintang berkaki lima atau berkaki enam. Jenis permainan ini cenderung lebih mudah untuk dimainkan dan diselesaikan. Permainan ini akan menjadi jauh lebih rumit dan sukar apabila dimainkan dalam wadah yang berbentuk kotak. Bentuk wadah ini menyebabkan arah proses pergeseran angka menjadi terbatas. Permainan pergeseran angka dalam kotak ini sangat rumit dan sukar untuk diselesaikan secara manual. Oleh karena itu, penulis berusaha untuk merancang sebuah perangkat lunak yang dapat mencari solusi terpendek bagi permainan ini dengan menggunakan bantuan pohon pelacakan.